Kamis, Juli 4, 2024
BerandaKlungkungTingkatkan Destinasi Wisatawan, Desa Batununggul, Nusa Penida Hadirkan Atraksi Budaya Barong and...

Tingkatkan Destinasi Wisatawan, Desa Batununggul, Nusa Penida Hadirkan Atraksi Budaya Barong and Keris Dance

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Trobosan anyar dilakukan Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung untuk meningkatkan destinasi wisatawan. Terbaru, wilayah yang terkenal dengan keindahan alamnya itu menampilkan atraksi budaya Barong And Keris Dance.

Pagelaran budaya ini nantinya akan terus berlangsung setiap hari Jumat.

Kadis Pariwisata, Ni Made Sulistiawati saat membuka perdana atraksi budaya Barong And Dance di Batununggul, Sabtu (29/6/2024), mengapresiasi komunitas sanggar yang telah menggelar atraksi budaya.

Ia menyatakan, aktivitas malam hari menambah daya tarik dan melengkapi aktivitas kepariwisataan di Nusa Penida. Selain di Nusa Lembongan di Pulau Nusa Gede yang kedua.

“Kami sangat mengharapkan kreativitas budaya dan penggiat pariwisata untuk saling mendukung agar penunjang pariwisata di Nusa Penida. Model seperti ini merupakan kesatuan bersama-sama bergerak agar tamu berkunjung lebih lama lagi,” harapnya.

Nusa Penida salah satu destinasi andalan di Kabupaten Klungkung. Sampai sejauh ini aktivitas pariwisata hanya mengandalkan pemandangan alam dan laut. Melihat hal tersebut Desa Adat Dalem Setra Batununggul berupaya memaksimalkan potensi budaya sebagai atraksi.

BACA :  Dari 103 Warga Taiwan Penjahat Siber, Baru 16 Orang yang Dideportasi Imigrasi

Secara reguler atraksi budaya Barong and Keris Dance dilaksanakan setiap hari Jumat. Untuk memperpanjang longstay mestinya dilakukan langkah-langkah 5 A. Aksesibilitas (akses), amenities (perlengkapan penunjang), atraksi, aktivitas, dan akomodasi.

Performance perdana ini, menurut Ketua Panitia Penyelenggara I Dewa Gede Sugiarta semangat masyarakat dan seniman merupakan buah kreativitas yang nanti secara reguler atraksi ini dilaksanakan setiap hari Jumat.

“Kami berupaya maksimal mungkin untuk melakukan promo baik secara offline maupun online agar dikenal secara meluas. Dari penampilan perdana sudah sukses,” ujarnya.

Dia berharap keseimbangan potensi alam dan budaya saling menguatkan. Atraksi budaya ini menjadi salah satu penunjang kepariwisataan di Nusa Penida khususnya di Batununggul.

“Efek domino bagi masyarakat. Dari upaya pelestarian budaya memberikan sesuatu kebanggaan dan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat,” harapnya.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular