Jumat, Juli 5, 2024
BerandaDenpasarPKM Unwar Tingkatkan Produk UMKM Jamu Kunyit dan Es Lumut

PKM Unwar Tingkatkan Produk UMKM Jamu Kunyit dan Es Lumut

DENPASAR, balipuspanews.com
Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Warmadewa (Unwar) melaksanakan pengabdian kepada kelompok wirausaha “Yuk Meblanja” yang berlokasi di Desa Pemecutan Kelod, Denpasar.

Kelompok usaha ini membuat produk minuman tradisional seperti jamu kunyit dan es lumut yang dikemas dalam botol plastik.

Kegiatan PKM memberikan penyuluhan produk kemasan yang lebih baik, penguatan kewirausahaan dan pentingnya pencatatan keuangan sederhana.

“Puji Syukur kami ucapkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena berkatnya acara ini dapat terlaksana sesuai rencana. PKM merupakan salah satu dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi, jadi sebagai seorang dosen selain mengajar, melaksanakan penelitian yang dapat diaplikasikan melalui pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat,” kata Ketua Tim PKM Dr. Ida Ayu Surasmi, SE., MM., Ak, didampingi oleh anggota tim yaitu Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, MP, dan Dr. Dra, A.A Ayu Dewi Larantika, SE., M.Si serta Mahasiswi dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa, Sabtu (18/5/ 2024) lalu.

Melalui penyuluhan ini diharapkan kelompok wirausaha Yuk Meblanja dapat meningkatkan penjualannya sehingga dapat memberikan nilai tambah. Penyuluhan ini memberikan informasi pentingnya proses pembuatan minuman tradisional yang diolah secara hygenis serta memberikan stiker expired date dan ingredient di depan kemasan produk sehingga tidak ada keraguan bagi konsumen sebagaimana diungkapkan oleh Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, MP.

BACA :  Survei Tahap II Balon Bupati Karangasem, Sumardi, Suwadi dan Gus Par Berebut Rekomendasi Golkar

Hal senada juga disampaikan
Dr. Dra, A.A Ayu Dewi Larantika, SE., M.Si, bahwasannya, penguatan jiwa kewirausahaan juga penting, hal ini dapat terwujud jika kelompok wirausaha mampu mempergunakan kesempatan dan peluang yang ada serta mau berinovasi sehingga dapat menghasilkan ragam minuman tradisional lainnya dengan kemasan yang lebih baik, sehingga dapat menarik minat konsumen saat ini.

Lebih lanjut Ida Ayu Surasmi menyampaikan bahwa kedepan dengan peningkatan jumlah penjualan diharapkan penting untuk dilakukan pencatatan laporan keuangan sederhana secara terpisah dengan keuangan pribadi.

Selain memberikan penyuluhan, tim juga memberikan sumbangan berupa botol kemasan, chiler, celemek, lap, sarung tangan plastik, sealware platik besar, wish stainless steel sehingga dapat dimanfaatkan oleh kelompok usaha dalam peningkatan usahanya.

Pada kesempatan ini Ketua kelompok wirausaha Yuk Meblanja yaitu Luh Gede Ariastuti menghaturkan ucapan terimakasih kepada Universitas Warmadewa yang sudah memberikan edukasinya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular