Selasa, Juli 2, 2024
BerandaBulelengPerpustakaan SMP N 1 Banjar Berhasil Raih Juara 1 Lomba Perpustakaan DAPD...

Perpustakaan SMP N 1 Banjar Berhasil Raih Juara 1 Lomba Perpustakaan DAPD Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Perpustakaan Griya Widya Swara dari SMP N 1 Banjar melalui sejumlah inovasi terbaik yang dimiliki berhasil keluar sebagai juara 1 lomba perpustakaan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah digitalisasi bahan pustaka menggunakan perpustakaan digital berbasis Google Site. Langkah ini memungkinkan akses yang lebih mudah dan luas bagi para pengguna perpustakaan.

Selain itu, program Duta Literasi Berbagi juga diluncurkan untuk menggerakkan literasi di lingkungan sekolah serta menjangkau sekolah-sekolah TK dan SD di sekitar desa Banjar, dengan tujuan memperluas cakupan literasi dan membangun budaya membaca sejak dini.

Kepala Sekolah SMP N 1 Banjar, Siti Aminah menjelaskan perpustakaan berperan sebagai pusat pelestarian budaya lokal sehingga di dalam pihaknya memajang koleksi gerabah dari candi Buddha di Kalibukbuk serta menyediakan informasi dalam huruf aksara Bali.

“Inisiatif ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya lokal dan mengenalkannya kepada generasi muda,” ungkap dia.

Namun, dari penilaian yang telah dilakukan, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas perpustakaan, seperti menambah jumlah judul buku perpustakaan, bukan hanya fokus pada jumlah eksemplarnya. Upaya ini dapat didukung dengan sumbangan buku dari siswa, alumni, dan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

BACA :  Viral, Emak-emak jadi Korban Begal Payudara Saat Menyapu Halaman Rumah

Selain itu, perpustakaan juga perlu menyediakan sarana komputer berupa PC untuk mendorong pemanfaatan layanan digital yang ada. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pengguna perpustakaan dapat lebih mudah mengakses bahan pustaka digital dan memanfaatkan layanan online yang disediakan.

Setelah meraih berbagai penghargaan, harapan ke depannya adalah agar Perpustakaan Griya Widya Swara terus berinovasi dan berkembang, serta menjadikan perpustakaan ini sebagai Perpustakaan Rujukan Nasional yang mampu memberikan layanan terbaik dan menjadi contoh bagi perpustakaan lainnya di Indonesia.

“Dengan berbagai inovasi dan perbaikan yang dilakukan, Perpustakaan Griya Widya Swara optimis dapat mencapai tujuan tersebut dan terus memberikan ijin literasi dan pelestarian budaya lokal,” pungkas Siti Aminah.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng, Made Era Oktarini mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah menggelar lomba perpustakaan yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 13 Juni 2024.

Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari setiap kecamatan dengan total 27 peserta yang terdiri dari perpustakaan tingkat SD, SMP, dan perpustakaan desa. Namun, terdapat dua kecamatan, yakni Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Sukasada, yang tidak mengirimkan perwakilan untuk perpustakaan desa.

BACA :  30 Personil Polres Dapat Kenaikan Pangkat

“Untuk penilaian dilakukan oleh tim DAPD dengan enam komponen kriteria yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguatan kinerja. Kriteria penilaian ini telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas)” ungkap dia.

Adapun peraih juara dalam lomba tersebut diantaranya ada Tingkat SD : Juara 1 Perpustakaan Widya Sastra (SD Negeri 3 Gerogak), Juara 2 Perpustakaan Widya Pataka (SD Negeri 1 Kaliasem), Juara 3 Perpustakaan Sastra Geraha (SD Negeri 1 Banyuasri), dan Harapan 1 Perpustakaan Dharma Sastra (SD Negeri 4 Pakisan).

Tingkat SMP : Juara 1 Perpustakaan Griya Widya Swara (SMP Negeri 1 Banjar), Juara 2 Perpustakaan SMP Negeri 1 Tejakula, Juara 3 Perpustakaan Diva Widya Sastra (SMP Negeri 5 Gerogak), dan Harapan 1 Perpustakaan Widya Spentab (SMP Negeri Satap 2).

Tingkat Desa : Juara 1 Perpustakaan Werdi Aksara (Desa Sepang Kelod), Juara 2 Perpustakaan Manyar (Desa Umaanyar), Juara 3 Perpustakaan Bersinar (Desa Tampekan), dan Harapan 1 Perpustakaan Widya Pertiwi (Desa Penyabangan).

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular