Kamis, Juli 4, 2024
BerandaLifestyleKesehatanKelas Orang tua Hebat BKKBN Berikan Tips Keluarga Penuh Cinta

Kelas Orang tua Hebat BKKBN Berikan Tips Keluarga Penuh Cinta

SEMARANG, balipuspanews.com — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan Kelas Orangtua Hebat (KERABAT) Edisi Hari Keluarga Nasional ke-31 Tahun 2024 dengan tema ”Kenali Luka Psikologis Orangtua: Hadirkan Keluarga Penuh Cinta”, Rabu (26/06/2024), berlangsung  secara hybrid di Youtube BKKBNOfficial dan Hotel Harris, Semarang.

Mewakili Kepala BKKBN Dokter Hasto Wardoyo, Deputi bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN RI, Nopian Andusti SE, MT dalam sambutannya mengatakan bahwa para orangtua harus bisa mengenali dan memahami dirinya sendiri dulu, termasuk mengenali dulu luka psikologis yang dialaminya sebelum melakukan pengasuhan pada anak-anaknya.

“Perlu bagi orangtua untuk mengenali dan memahami dirinya sendiri, termasuk mengenali luka psikologis yang pernah dialami yang mungkin secara tidak langsung mempengaruhi sikap dan perilaku dalam pengasuhan sehari-hari,” jelasnya.

Menurutnya, apabila orangtua atau ibu tidak mampu mengenali dirinya sendiri, mengenali luka psikologis yang pernah dialami dan menyebabkan trauma atau pengasuhan yang buruk di masa lalu akan berpengaruh terhadap konsep dirinya.

“Konsep diri menjadi negatif sehingga muncul sikap negatif yang mencerminkan orangtua yang gagal dan menyerah dalam mendidik dan mengasuh anak, mengabaikan nasihat positif dan tidak berupaya lebih keras lagi untuk kebahagiaan dan kesejahteraan anak,” tambah Nopian.

BACA :  Siswa Jembrana Wakili Bali Lomba UDG Tingkat Nasional

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Dra. Shinta Nana Sudjana, yang juga hadir dalam acara tersebut memaparkan bahwa setiap orang memiliki pengalaman di masa kanak–kanak yang bisa jadi membekas.

“Pengalaman-pengalaman membekas tinggal di dalam diri seseorang, belum terselesaikan dan terbawa hingga dewasa. Yang dikhawatirkan apabila pengalaman yang membekas itu adalah pengalaman yang kurang menyenangkan, baik itu disadari maupun tidak,” terang Shinta.

Ia mengimbau para orangtua dapat mempelajari bersama mengenai hal ini. Sehingga mereka bisa introspeksi diri, mengenali kembali diri  sendiri, kemudian memperbaiki hal tersebut dan menjadi pribadi yang lebih baik.

“KERABAT seri ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan peserta mengenai Inner child atau problem kesehatan mental lainnya. Sehingga  peserta maupun kader, terutama kader BKB, dapat mengetahui dan menindaklanjuti apabila diri sendiri maupun orang sekitar mengalami luka psikologis pada dirinya,” ujarnya.

Ia berharap nantinya akan terwujud keluarga yang sehat dan penuh dengan cinta kasih. Tidak hanya sehat secara fisik, namun juga sehat secara mental.

BACA :  Masa Jabatan Perbekel, BPD, dan Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Klungkung Diperpanjang

Dalam materinya, Sukmadiarti Perangin-angin, M. Psi, psikolog dari Founder Parenting School Indonesia, menjelaskan bahwa kunci kebahagiaan anak adalah orangtua yang bahagia.

“Kunci ayah dan ibunya harus bahagia dulu karena bagaimana menularkan kebahagiaan sementara kita tidak bahagia. Anak kita akan terhambat potensinya. Padahal tidak ada anak yang tidak pintar. Tiap anak terlahir fitrahnya potensinya unggul semua. Hebat, sehat, baik,” imbuhnya.

Luka psikologis yang dialami, katanya, harus dikenali. “Ketika kita bercerita atau mengingat sesuatu peristiwa, ada rasa yang berbeda di tubuh kita. Misalnya, kekhawatiran bisa menimbulkan reaksi di tubuh seperti mata yang berkaca-kaca, atau kalau kita merasa marah reaksi dada yang berdebar,” jelasnya.

Sukmadiarti memberikan rumus mencapai keluarga penuh cinta dengan menjadi pribadi yang bahagia terlebih dulu. Karena ketika bahagia, seorang ibu atau ayah bisa berperilaku penuh cinta. Sehingga orang lain bisa merasakan ketulusan maupun cintanya lewat ucapan, perbuatan, pelayanan yang diberikan.

“Kalau kita sudah selesai menjadi diri sendiri yang bahagia, maka dampaknya memiliki pernikahan yang bahagia. Komunikasi dengan suami lancar, harmonis, langgeng,” ujarnya.

BACA :  Wakil Ketua DPD RI Sebut Amandemen UUD Kembali ke Naskah Asli Sebagai Wacana Tidak Realistis

Kelas Orangtua Hebat (KERABAT) Edisi Hari Keluarga Nasional ke-31 Tahun 2024 juga dihadiri  keluarga yang memiliki balita; Assistant Vice Presiden Product/Operations Primaku dr. M. Gilang Edi, BMedSci (Hons); Ketua Yayasan Samudra Ilmu Semarang Dedy Andrianto; Perwakilan BKKBN Provinsi se-Indonesia; OPDKB se-Indonesia; PKB/PLKB, TPK, Kader BKB dan Kader BKB Persit Kartika Candra Kirana.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular