Kamis, Juli 4, 2024
BerandaKarangasemDiguyur Hujan Seharian, BPBD Catat Puluhan Laporan Longsor

Diguyur Hujan Seharian, BPBD Catat Puluhan Laporan Longsor

KARANGASEM, balipuspanews.com – Kerugian akibat hujan deras yang menerjang sebagian besar wilayah Kabupaten Karangasem, pada Jumat (7/6/2024) ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam sehari, BPBD Kabupaten Karangasem sedikitnya telah menerima 27 laporan yang tersebar di wilayah empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Karangasem, Manggis, Sidemen dan Kecamatan Abang.

“Hingga sore kemarin, ada 27 laporan yang kami terima. Dari laporan yang masuk, didominasi bencana tanah longsor tercatat di 14 titik, pohon tumbang 9 titik dan banjir di 4 titik,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arinbawa, Sabtu (8/6/2024).

Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, kerugian materil diduga mencapai ratusan juta rupiah mengingat dampak bencana juga menyebabkan kerusakan terhadap bangunan rumah warga, pura hingga fasilitas lainnya.

“Untuk jumlah kerugian belum bisa dipastikan, karena tim masih perlu melakukan assessment ke lapangan terlebih dahulu. Namun kemungkinan kerugian bisa mencapai ratusan juta karena kerusakannya yang ditimbulkan cukup banyak,” terang Arimbawa.

Melihat kondisi cuaca yang tak menentu, Arimbawa juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana seperti kawasan perbukitan, dekat dengan sungai atau pohon tinggi agar meningkatkan kewaspadaan serta melakukan mitigasi secara mandiri.

BACA :  Masa Jabatan Perbekel, BPD, dan Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Klungkung Diperpanjang

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular