Kamis, Juli 4, 2024
BerandaKarangasemAntisipasi Tumpukan Sampah Saat HUT Kota, DLH Karangasem Siagakan 30 Personil

Antisipasi Tumpukan Sampah Saat HUT Kota, DLH Karangasem Siagakan 30 Personil

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem harus bekerja ektra untuk menjaga kebersihan selama jalannya Perayaan HUT Kota Amlapura ke-384 yang dipusatkan di Taman Candra Buana.

Pada perayaan HUT Kota tahun ini, Pemkab Karangasem melaksanakan sejumlah kegiatan salah satunya adalah pameran UMKM yang juga diselingi dengan berbagai hiburan yang dimulai sejak 22 dan berakhir pada 30 Juni 2024 mendatang.

Untuk mengantisipasi volume sampah yang dihasilkan, DLH Karangasem sedikitnya menyiagakan 30 orang personil kebersihan yang ditugaskan menjadi dua shift pagi dan malam untuk menangani sampah yang dihasilkan selama jalannya perayaan di Taman Candra Buana.

“Dalam sehari kita tugaskan 30 petugas kebersihan yang terbagi menjadi 2 shift pagi dan malam, satu shift pagi anggotanya 15 orang. Selain itu, kita juga sediakan puluhan tong sampah yang ditempatkan pada areal Taman dan juga di masing-masing pedagang yang ada di Pameran,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem, I Nyoman Tari kepada wartawan baru-baru ini.

BACA :  Progres Pengukuran Invervensi Serentak Pencegahan Stunting Capai 95,15 persen

Ia berharap, dengan personil dan fasilitas tong sampah, selama perayaan volume sampah bisa dikendalikan. Namun memang diakui, banyaknya sampah sisa makanan dari para pengunjung yang ditinggalkan di tempat pameran berdampak terhadap peningkatan volume sampah perkotaan.

Sejak awal pembukaan pameran, volume sampah di perkotaan mencapai 51 Ton per hari. Terjadi peningkatan jika dibanding sebelumnya dimana volume sampah perkotaan hanya dikisaran 40-50 ton per hari.

Meski telah menyiagakan personil, namun DLH berharap peran serta para pengunjung maupun pedagang agar tertib membuang sampah di tempat yang telah disediakan sehingga para petugas lebih efisien dalam menangani sampah yang ada.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular