Rabu, Juli 3, 2024
BerandaDenpasar10 Tahun Denpasar Festival Usung Tema 'Rawat Pusaka, Cipta Inovasi'

10 Tahun Denpasar Festival Usung Tema ‘Rawat Pusaka, Cipta Inovasi’

Denpasar, balipuspanews.com – Denpasar Festival (Denfest) kembali hadir sebagai festival tahunan yang wajib dikunjungi masyarakat. Tidak hanya masyarakat Kota Denpasar, namun festival rakyat ini menjadi pilihan liburan keluarga di tengah hari libur sekolah.

Pada tahun 2017 ini, Denpasar Festival mengusung tema “Rawat Pusaka, Cipta Inovasi” dengan Sub tema “Tresnaning Jagat Rahayu”, yang akan digelar pada tanggal 28 hingga 31 Desember mendatang.

Kayun Asmara selaku Even Organizer Denpasar Festival menjelaskan terkait dengan pemilihan tema pada tahun ini. “Tema dari Denfest selalu berkaitan dengan dinamika dan kondisi yang ada, sehingga pada tahun ini kita tidak menyangka ada bencana erupsi Gunung Agung, maka dari itu muncul sub tema tersebut sebagai wujud empati dan membuktikan kondisi Bali masih sangat aman untuk kunjungan wisata,” ujar Kayun Semara.

Lebih lanjut disampaikan, selama berlangsungnya Denpasar Festival panitia akan berkerjasama dengan BPDB dengan stand khusus untuk menyediakan informasi grafik terkait kondisi terkini Gunung Agung, agar nantinya menjadi media informasi pengunjung lengkap dengan brosur dari Dinas Pariwisata dengan rundown acara selama pelaksanaan Denfest.

BACA :  Denpasar Tattoo Exhibition Kembali Meriahkan D’Youth Fest 4.0

“Selain itu ada pembagian masker, jadi Pemerintah Kota Denpasar menyadari bahwa kondisi alam memang tidak bisa ditebak, namun dengan data dari BPDB dan jarak Denpasar yang jauh dari KRB, jadi Denfest menjadi corong informasi dan bukti bahwa Bali masih sangat aman untuk dikunjungi,” ujarnya.

Terkait dengan lokasi yang dipilih pada tahun ini tetap berpusat pada Lapangan Puputan dan peserta stand UKM yang terlibat juga telah melalui tahap seleksi dari OPD masing-masing.

“Lapangan sebagai spirit untuk melakukan kegiatan publik, itu yang dikembalikan dan UKM yang terlibat lebih terseleksi dengan mendukung kreatifitas warga kota khususnya para anak muda,” ujarnya.

Kemeriahan festival tahunan yang berlangsung setiap akhir tahun ini memang cukup menambah lokasi alternatif di tengah libur sekolah. Hal tersebutlah yang menjadi alasan sebagian besar keluarga mengajak anak-anak mereka berkunjung baik saat pagi, siang maupun malam yang penuh dengan berbagai pameran dan pementasan budaya.

Salah satu warga Kota Denpasar I Komang Sudarma mengatakan bahwa Denfest memang menjadi festival yang dinanti, selain kuliner yang dijual tidak terlalu mahal, variannyapun sangat banyak dan cocok untuk anak-anak.

BACA :  Bulan Bung Karno VI Resmi Ditutup

“Saya senang mengajak anak-anak ke Denfest apalagi sambil mengenalkan budaya dan kuliner khas Bali dengan suasana yang mendukung juga”, ungkap Komang Sudarma. “Selain itu istri juga bisa cuci mata karena kan banyak stand baju dan aksesoris juga,” kata dia.

Denpasar Festival juga menjadi wadah untuk merangkul UKM berkualitas yang telah dibina oleh masing-masing OPD sebagai bentuk dukungan ekonomi kreatif yang menciptakan inovasi dari berbagai sektor seperti pertanian dan kerajinan tangan.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular